Sunday, October 9, 2016

Sembilan Puskesmas Terima Ambulan Baru


CILACAP MEDIA, - Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap siap menyerahkan sembilan ambulan baru untuk Pusat Kesehatan Masyarakat yang ada. Ambulan jenis Toyota Innova tersebut merupakan pengadaan tahun 2016 dan bersumber dari Anggaran Pembangunan Daerah (APBD).
Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Marwoto menjelaskan, tahun 2016 ini pihaknya telah membeli sembilan unit  ambulan yang bersumber dari APBD 2016. Ambulan tersebut nantinya diserahkan kepada Puskesmas yang membutuhkan dan mengganti kendaraan yang sudah tua. 
"Pengadaan ambulan tahun ini sudah datang, sebanyak sembilan unit. Jenisnya Toyota Innova," jelas Marwoto, Kamis (6/10/2016).

Menurutnya, tidak lama lagi ambulan tersebut akan diserahkan kepada masing-masing puskesmas yang membutuhkan. Ambulan tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membawa pasien rujukan dari kecamatan ke Cilacap Kota dalam hal ini RSUD Cilacap.

Adapun Puskesmas yang akan menerima ambulan antara lain Gandrungmangu I, Kroya I, Cimanggu I, Karangpucung I dan Cilacap Selatan I.

Disinggung mengenai realisasi pengadaan ambulan tidak sesuai dengan rencana umum pengadaan (RUP), Marwoto tidak menampik hal itu. Dia mengungkapkan, awalnya alokasi anggaran yang tersedia sebesar Rp 3.25 miliar untuk pengadaan 10 unit ambulan jenis Mitsubishi L-300.

"Ternyata ambulan L-300 tidak siap sehingga kita alihkan untuk membeli ambulan jenis Toyota Innova. Ternyata anggaran yang ada hanya cukup untuk membeli sembilan unit, modenya standart bukan ekonomi," ungkapnya.

Sementara itu, terkait dengan pekerjaan sembilan Puskesmas yang direhabilitasi Kepala Dinkes mengatakan saat ini masih dalam proses. Tahap pekerjaan rata-rata sudah mencapai 80 persen.

"Diharapkan, sebelum akhir tahun pekerjaan sudah tuntas," kata Marwoto.

Seperti diketahui, sembilan Puskesmas di Kabupaten Cilacap pada 2016 mendapat kucuran dana dari Pemerintah Pusat untuk perbaikan Puskesmas melalui program Peningkatan Kualitas Puskesmas. Total anggaran rehabilitasi Puskesmas tersebut sebesar Rp 26,64 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).  Diharapkan pada 2017 mendatang, sarana dan prasarana seluruh Puskesmas di Cilacap sudah memenuhi standar pelayanan kesehatan masyarakat.

Sembilan Puskesmas yang direhab yakni UPT Puskesmas Cipari, Cilacap Utara I, Patimuan, Nusawungu I, Adipala II, Maos, Sampang, Wanareja II dan Kampunglaut. Khusus Puskesmas Patimuan, selain dari DAK juga mendapat bantuan rehab yang berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 2 miliar sehingga totalnya Rp 4 miliar.
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: